Awas, Rayap-rayap Menyergap!


Keberadaan rayap umumnya diketahui ketika kerusakan sudah terjadi. Untuk itu, kenalilah sedini mungkin gejalanya agar kita bisa segera menanggulanginya.

Saat rayap melancarkan aksinya, kerugian besar memang tak bisa dihindari. Bangunan kuat dan megah sekalipun bisa rubuh dibuatnya.

Albertus A. Windratmo (Tito) dari SANOcare sebuah perusahaan pest control di Bandung, menyebutkan bahwa rayap sebagai hama kecil paling berbahaya. Dibandingkan hama rumah lain, seperti kecoa, tikus, atau semut, serangan rayap paling mengancam. Alasannya, rayap berkembang biak dengan cepat dan pergerakannya juga sulit dideteksi.

Rayap hidup secara berkoloni dengan anggota keluarga terdiri dari ratu, prajurit, dan pekerja. Setiap ratu bisa menetaskan 1.000-50.000 telur per hari. Umur ratu pun bisa mencapai 30 tahun.

"Coba Anda bayangkan, betapa cepat pertumbuhan rayap dan betapa cepat pula ia merusak bangunan rumah Anda," kata Tito.

Indikasi serangan

Pernahkah Anda melihat kayu-kayu di rumah Anda sudah mulai kopong dan muncul liang kembara di sekitarnya? Atau, pernahkah Anda menemui sekawanan laron acap datang mengerubungi rumah Anda? Jika ini yang Anda alami, saatnya Anda waspada karena tanda-tanda tersebut mengindikasi adanya rayap dan sarangnya di sana.

Liang kembara rayap merupakan jalur rayap berjelajah dari pusat sarang di dalam tanah ke bagian kayu yang diserang. Liang kembara merupakan paduan antara tanah, kotaran, dan air liur rayap.

Liang kembara biasanya keluar dari permukaan lantai, celah kayu, atau keluar dari retakan tembok. Seringkali liang kembara tampak memanjang pada permukaan dinding atau hanya berupa bintik tanah kecil saja yang keluar dari celah kayu, nat lantai, lis gipsum plafon, atau retakan tembok.

Adapun kehadiran laron mengindikasikan bahwa tak jauh dari situ ada sarang rayap. Biasanya laron-laron ini keluar dari sarang di awal musim penghujan. Bila Anda menemukan kusen kayu yang telah rusak parah, itu artinya serangan rayap sudah cukup lama terjadi, dan Anda harus segera melakukan tindakan pengendalian.